Buku ini disamping membicarakan persoalan-persoalan yang bersifat praktis operasional untuk memfasilitasi para kepala sekolah/madrasah, guru dan tenaga kependidikan lainnya dalam pengembangan KTSP, juga mengemukakan landasan-landasan konseptual dan teoritik dalam pengembangan kurikulum tersebut, sehingga apa yang dilakukan bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah, teknologi dan etis.
Masalah pendidikan di negara kita sudah menjadi bahan perbincangan sejak lama. Makin lama permasalahannya makin carut marut. Masyarakat pendidikan dengan suara parau meneriaki ke berbagai keprihatinan yang mereka rasakan, dari minimnya anggaran untuk bidang pendidikan hingga mutu lulusan sistem pendidikan kita.
Buku tentang pesantren sudah banyak ditulis dan kajian tentangnya sudah banyak dilakukan, tetapi dengan berjalannya waktu keperluannya tidak semakin surut, melainkan meningkat, malah dalam beberapa hal terasa semakin strategis, karna lembaga pendidikan ini kaya akan potensi integrasi sosial. Jagkauannya luas, kedekatannya dengan komunitas dan kemampuannya membangun pembelajaran lintas generasi …