Bahan ajar berperan penting dalam kegiatan pembelajaran. Bahan ajar juga dapat melatih peserta didik untuk mendapatkan wawasan dan pengetahuan yang luas. Bahan ajar juga harus diperlukan medio atau teknik yang tepat sebagai alat untuk menyampaikan sebuah materi pembelajaran.
Sebelum membahas tentang pedoman pemakaian huruf , tidak ada salahnya kita tengok sekilas sejarah perkembangan ejaan yang berlaku di negeri kita saat ini, yang kita kenal sebagai Ejaan yang dismepurnakan.
Berbeda dari buku - buku penulisan akademik yang beredar di pasaran di Indonesia yang umumnya hanya berfokus pada ejaan, tata tulis dan penyusunan paragraf.
Buki ini diwujudkan untuk memenuhi kebutuhan akan materi sastra lisan yang dapat digunakan sebagai pintu masuk utama bagi mahasiswa ataupun peneliti yang berminat kepada sastra lisan. Oleh karena itu, buku ini juga membicarakan metode penelitian sastra lisan, walaupun tidak detail.
Buku ini membimbing dan memacu pembaca untuk dapat menggunakan bahasa indonesia dengan baik dan benar, baik dalam bentuk lisan maupun tulisan, baik dalam susunan formal maupun nonformal.
Buku ini disusun dalam 7 bab, yang masing-masing dirinci menjadi sun-subban yang lebih kecil dan terperinci. Di awal setiap bab disajikan rumusan kompetensi dasar dan rumusan standar kompetensi, selain juga rumusan materi pokoknya, untuk memudahkan para mahasiswa mempelajari isi setiap bab dan subban serta sub-subban yang di sajikan itu.
Telah banyak buku yang ditulis dan diterbitkan yang berisi pegangan atau sumber bahan kuliah bahasa indonesia untuk perguruan tinggi. sebagian besar, buku itu ditulis dengan menekankan pada penguasaan pengetahuan bahasa dan bukan pada kemampuan menggunakan bahasa.
Untuk memenuhi tuntunan-tuntunan itu, perlu ada buku referensi yang bisa menambah kompetensi mahasiswa, khususnya di dalam penulis karya ilmiah. Melalui mata kuliah umum (MKU) Bahasa Indonesia, penulis mengembangkan materi-materi tentang penulis karya ilmiah.
Buku panduan komprehensif ini memberikan nasihat praktis beserta contoh-contoh kasus kepada anda tentang merancang dan mengajarkan pelajaran bahasa inggris yang mengagumkan.
Buku ini memberikan suatu jalan penting untuk mempelajari masyarakat Indionesia melalui pendekatan model konseptual dan wawasan sistem sosial budaya.