pendidkan hanya dapat dipahami bila kita mengetahui siapa mengajar siapa, di masyarakat apa, bila mana dan di mana, serta untuk posisi sosial apa anak didik itu dididik.
menurut pengsmstsn ksmi buku sosiologi pendidikan di dalam bahasa indonesia masih sangant kurang, oleh karenanya kami berusaha mencari bahan-bahan dari literatur asing untuk diterjemahkan agar dapat menabah bahan bacaan di bidang ilmu tersebut.
Pendidikan disekoalh bukan hanya ditentukan oleh usaha murid secara individual atau berkat interaksi murid dan guru dalam proses belajat-mengajar, melainkan juga oleh interaksi murid dengan lingkungan sosialnya dalm berbagai situasi sosial yang dihadapinya didalm maupun diliar sekolah.
Buku Sosiologi Pendidikan: Memahmi pendidikan dari aspek multikulturalisme menjadi salah satu solusi untuk menguraikan benang kusut pendidikan yang akhir-akhir ini mengalami tantangan, baik dari dalam maupun dari luar.
Hubungan timbal balik yang telah lama menjadi perhatian dan kajian para sosiolog ini yang ingin disajikan oleh buku ini dalam bentuk pemasaran detail terkait unsur utama dalam pendidikan dan interaksi sosial individu yang menjadi pelaksana atau yang menjadi objek dalam hubungannya dengan masyrakat serta fenomena pendidikan dari kacamata pendekatan sosiologis.
Buku ini merupakan hasil saduran dari lima buah buku utama. dari masing-masing buku utama dimaksud, secara selektif dipilih beberapa bab yang cakupan isinya dinilai memadai, dimana satu sama lain bisa saling melengkapi sehingga dapat menyajikan suatu keutuhan mengenai sosiologi pendidikan.